SKL,KI dan KD Desain Multimedia Interaktif



ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, DAN KD
MATA PELAJARAN                      : DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF
KELAS                                              : XI Multimedia

Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti Kelas XI
Kompetensi Dasar
Keterangan*)
Dimensi
Kualifikasi Kemampuan
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung-jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1   Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2   Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3   Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
KD 1.1
Menghayati merupakan gradasi pada taksonomi Krathwohl yaitu menghayati (internalisasi)





KD 1.2
Mengamalkan merupakan gradasi taksonomi Krathwohl yaitu naturalisasi sesuai dengan tuntutan KI.1
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
KD. 2.3 Menunjukan sikap disiplin dan tanggung jawab merupakan gradasi taksonomi Krathwohl tingkat mengamalkan (naturalisasi) sesuai tuntutan KI.2

KD 2.4
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan merupakan gradasi  taksonomi Krathwohl tingkat mengamalkan (naturalisasi)sesuai dengan tuntutanKI-2

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1.  Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1.       Memahami konsep multimedia interaktif
3.2.       Menerapkan storyboard dalam multimedia interaktif





·         KD. 3.1 Definisi Multimedia Interaktif, Manfaat Multimedia Interaktif, Tools dan penggunaannya
·         KD. 3.2 Membuat bagan Multimedia interaktif yang akan dibuat nantiny.

Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4.1  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
4.1 Menyajikan pelbagai jenis multimedia interaktif.
4.2 Menyajikan hasil pembuatan storyboard multimedia interaktif






KD. 4.1 Menampilkan berbagai bentuk hasil Multimedia interaktif dengan berbagai macam software Aplikasi

KD.4.2 Menampilkan hasil storyboard yang dibuat oleh siswa yang nantinya dilanjutkan dengan pembuatan project


Comments