Pengerian Iklan Beserta Jenisnya
Contoh Iklan |
Pengertian iklan adalah hal yang
wajar untuk kita ketahui, karena seiring berkembangnya zaman semakin maju kita
banyak sekali melihat berbagai macam ragam bentuk dan model iklan, sehingga
jangan sampai kita hanya melihat saja tanpa mengetahui pengertian dari iklan
itu sendiri.
Pengertian iklan juga perlu kita
pahami agar kita bisa lebih professional dalam setiap kita melakukan pemasangan
iklan. Dengan mengetahui pengertian iklan maka kita akan bisa menempatkan iklan
pada tempatnya.
Mungkin anda sudah sering
mendengar kata iklan bahkan mungkin sudah bosan sekali berhubungan dengan yang
namanya iklan. Tapi yaaa itulah kenyataan yang harus kita hadapi dalam
perkembangan dunia bisnis dan system pemasaran produk barang atau jasa, karena
tanpa bantuan iklan akan kesulitan sekali dalam melakukan proses manajemen
pemasaran demi kelangsungan pemenuhan kebutuhan dan kepuasan masyarakat.
Pengertian iklan sebenarnya bukan hal yang sulit di pahami dan kita semua bisa
mendefinisikan iklan sesuai keadaan iklan yag kita jumpai berdasarkan
pengertian yang kita anggap itu cocok.
Iklan secara bahasa adalah
pariwara atau promosi atau pengenalan produk,informasi barang atau jasa.
Ada banyak sekali pengertian
iklan baik di kemukakan oleh orang biasa maupun para ahli, diantaranya
pengertian iklan :
Pengertian iklan adalah “ kegiatan memberitahukan atau
menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online
maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran,
majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya”.
Pengertian iklan juga sering di
katakan sebagai sarana atau wadah untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak
ramai.
sedangkan pengertian iklan
menurut para Ahli :
Pengertian Iklan Menurut
Courtland L. Bovee : ” Iklan adalah komunikasi nonpersonal informasi biasanya
dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh
sponsor diidentifikasi melalui berbagai media.” (Bovee, 1992, hal 7).
Pengertian Iklan Menurut : Kotler
(2002:658), iklan adalah sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau
jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Pengertian Iklan Menurut Rhenald
Kasali (1992:21), secara sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang
menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media.
Pengertian Iklan Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia : “berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak
ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.”
Iklan Terbagi menjadi beberapa
Jenis Iklan Dan Contohnya :
Iklan Informatif /Informative
Advertising
ciri -ciri iklan Informatif :
Menjelaskan kepada konsumen cara
kerja produk.
Mengurangi ketakutan konsumen.
Mengoreksi kelebihn dan
kekurangan produk.
produk baru yang sudah ada.
Bertujuan untuk membentuk atau
menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentang produk atau fitur-fitur
Menginformasikan perubahan harga
dan kemasan produk.
Contoh Iklan Informatif :
Sperti Iklan Produk Elektronik
misal : Sony Ericsson Z550i yang Memberikan informasi seputar fitur – fitur di
dalamnya.
Iklan Persuasif / Persuasive
Advertising
Iklan Persuasif Memiliki ciri :
Menganjurkan orang untuk membeli.
Mengubah persepsi / cara pandang
konsumen.
Membujuk konsumen untuk membeli
sekarang.
menggunakan barang dan jasa.
Mempersuasif khalayak untuk
memilih merk tertentu.
Bertujuan untuk menciptakan kesukaan,
preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli dan
contoh iklan persasif :
Iklan Televisi Samsung yang
memberikan presepsi kelebihan dan kekurangan Tv samsung di banding Tv merk lain
, sehingga konsumenpun ada presepsi bahwa merk samsung merupakan merk terkenal
dan berkualitas.
Iklan Reminder / Reminder
Advertising
Ciri – Ciri Iklan Reminder :
Menjalin hubungan baik dengan
konsumen.
Mengingatkan pembeli dimana bisa
membeli dan mendapatkan produk tersebut.
Menjaga kesadaran akan produk
(consumer’s state of mind).
Bertujuan untuk mendorong
pembelian ulang barang dan jasa.
Mengingatkan bahwa suatu produk
memiliki kemungkinan akan sangat dibutuhkan dalam waktu dekat.
Contoh Iklannya seperti iklan
kesehatan, yang mengikatkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan dari pada
mengobati.
Demikianlah sekilas pembahasan
mengenai Pengertian iklan secara global berserta jenis dan contoh iklan,
menguasai cara berilan yang baik akan lebih membantu dalam proses penerapan marketing
Mix yang kita lakukan, semoga bisa di pahami dan bermanfaat.
Comments
Post a Comment