Pengertian dan Sejarah Perkembangan Tipografi Serta 5 Jenis Hurufnya

Apa Itu Tipografi


Hay sobat dunia maya.. apa kabarnya nih?? Oya, ngomong-ngomong sobat dumay sekalian ada yang tahu gak apa sih Tipografi itu?? kalau belum pada tahu kebetulan banget nih, karena kali ini admin mau bahas tentang “Apa Itu Tipografi”.. Gak usah panjang lebar lagi deh sobat, yuk langsung aja kita ke topic pembahasan kita..
Pengertian Tipografi

Tipografi (dalam bahas inggris : Typography) ialah perpaduan antara seni dan teknik mengatur tulisan, supaya arti dan maksud tulisan bias tersampaikan dengan baik secara visual kepada pembaca. Pengolahan tipografi tidak hanya terbatas dengan pemilihan ukuran huruf, jenis huruf, kesesuaian dengan tema, dekorasi, tetapi juga meliputi tata letak horizontal atau vertikal tulisan pada sebuah bidang desain.

Ilmu Tipografi dipakai pada banyak bidang diantaranya desain web, desain grafis, desain produk, majalah, percetakan dll.

Sejarah Perkembangan Tipografi

Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan pictograph. Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Pada abad sekitar 1300 SM, di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglif. Bentuk tipografi ini merupakan akar dari bentuk Demotia, yang mulai ditulis dengan menggunakan pena khusus.

Pada sekitar abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya, saat itulah terjadi puncak perkembangan tipografi. Karena bangsa Romawi tidak mempunyai sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia dan menyempurnakannya sehingga terbentuklah huruf-huruf Romawi.

Sekarang tipografi telah mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi menjadikan penggunaan tipografi menjadi lebih mudah serta dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang sangat banyak jumlahnya serta bervariasi.

Anatomi Huruf dalam Tipografi

Setiap bentuk huruf dalam sebuah alfabet mempunyai keunikan bentuk yang menyebabkan mata kita bisa membedakan antara huruf ‘N’ dengan ‘T’ atau ‘B’ dengan ‘W’. Keunikan ini disebabkan oleh cara mata kita melihat korelasi antara komponen visual yang satu dengan yang lain.

Ada Sebuah teori yang dikenal dengan teori Gestalt, teori ini diformulasikan oleh sekelompok pakar psikologi dari Jerman dan Austria pada tahun 1900. 
Teori tersebut berbasis pada ‘pattern seeking’ dalam perilaku manusia. Setiap bagian dari sebuah gambar dapat dievaluasi dan dianalisis sebagai komponen yang berbeda. 

Salah satu hukum persepsi dan teori ini membuktikan bahwa untuk mengenal atau ‘membaca’ sebuah gambar diperlukan adanya kontras antara ruang negatif yang disebut dengan ground dengan ruang positif yang disebut dengan figure.

Jenis-jenis Huruf

Dibawah ini beberapa jenis huruf berdasarkan klasifikasi yang dilakukan oleh James Craig, antara lain sebagai berikut :

1. Roman

Huruf ini mempunyai ciri-ciri yaitu  sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman mempunyai ketipisan dan ketebalan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan huruf ini ialah, anggun, feminin, klasik dan lemah gemulai.

2. Egyptian

Ialah jenis huruf yang mempunyai ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan huruf ini ialah kuat, kekar, kokoh dan stabil.

3. Sans Serif

Arti dari San Serif ialah tanpa sirip/serif, jadi huruf jenis ini tidak mempunyai sirip pada ujung hurufnya akan tetapi mempunyai ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini ialah kontemporer sama dan modern.

4. Script

Huruf ini menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, pensil tajam atau kuas dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkan huruf inni ialah sifat pribadi dan akrab.

5. Miscellaneous

Huruf jenis ini adalah pengembangan dari bentuk-bentuk yang telah ada. Ditambah ornamen dan hiasan atau garis-garis dekoratif. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf ini ialah ornamental dan dekoratif.

Dalam pemilihan jenis huruf, yang harus kita perhatikan ialah karakter produk yang akan ditonjolkan dan juga karakter segmen pasarnya. Seperti misalnya pada produk minyak wangi untuk wanita jarang yang memakai jenis huruf Egyptian karena berkesan keras dan kuat dan biasanya memakai jenis huruf Roman karena berkesan lembut dan klasik sehingga cocok dengan karakter minyak wangi dan wanita.

Nah, itulah Pengertian dan Sejarah Perkembangan Tipografi Serta 5 Jenis Hurufnya Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian…

Comments