Inilah Arti Tipografi dan Arti Seni Tipografi Beserta Macamnya

Arti Tipografi


Untuk artikel edisi kali ini, admin mau bahas tetang arti tipografi.. Apa sih sebenarnya tipografi itu..?? 

Sebenarnya tipografi sendiri adalah salah satu elemen dari dunia desain grafis yang unik, karena tipografi mempunyai unsur seni yang luar biasa bukan hanya sekedar elemen bacaan.

Baiklah sob,agar lebih jelas lagi yuk kita bahas lebih dalam lagi mengenai arti dan fungsi dari tipograpi… 

Tipografi juga dapat dikatakan sebagai “Visual Language” yang artinya adalah “Bahasa yang dapat dilihat”.

Tipografi dibedakan menjadi 2 macam jenis, yaitu :

Typography (Tipografi) adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga bisa membantu pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Seni Tipografi, yaitu sebuah desain atau karya yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama.

Menurut Roy Brewer (1971) tipografi atau typography bisa mempunyai arti yang luas yang meliputi penataan dan pola halaman, atau setiap barang cetak. Atau dalam arti yang lebih sempit hanya meliputi penataan, pemilihan dan berbagai hal bertalian pengaturan baris-baris susun huruf (typeset), tidak termasuk ilustrasi dan unsur-unsur lain bukan susun huruf pada pada halaman cetak. 


Peran dari pada tipografi itu sendiri ialah untuk menghubungkan ide atau informasi dari halaman tersebut ke pengamat.  Terkadang secara tidak sadar, setiap hari dan setiap saat kita selalu berhubungan dengan tipografi. Seperti label pakaian yang biasa kita kenakan, koran atau majalah yang kita baca dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya. 


Saat ini Perkembangan Tipografi sudah mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan (hand drawn) hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi menjadikan penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang sangat banyak jumlahnya dan bervariasi. 

Berikut ini beberapa jenis huruf berdasarkan klasifikasi yang dilakukan oleh James Craig, antara lain sebagai berikut :

1. Roman

Huruf ini mempunyai ciri sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman mempunyaiketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang dihasilkan oleh huruf ini ialah lemah gemulai, klasik, feminim dan anggun.

2. Egyptian

Merupakan jenis huruf yang mempunyai ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang dihasilkan oleh huruf ini ialah kokoh, kekar, kuat dan stabil.

3. Sans Serif

Maksud dari San Serif ialah tidak ada sirip/serif, jadi huruf jenis ini tidak mempunyai sirip pada ujung hurufnya tetapi mempunyai ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang dihasilkan oleh huruf jenis ini ialah kontemporer, modern dan efisien.

4. Script

Huruf Script adalah jenis huruf yang menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pensil tajam, pena, atau kuas dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang dihasilkan oleh huruf ini ialah sifat pribadi dan akrab.

5. Miscellaneous

Huruf jenis ini ialah pengembangan dari bentuk-bentuk huruf  yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis-garis dekoratif. Kesan yang dihasilkan ialah dekoratif dan ornamental.

Nah, itu dia penjelasan tentang Tipografi.. Semoga bermanfaat..

Comments