Menurut Beberapa Ahli Tentang Pengertian Etimologi Multimedia Serta Bidang-bidang Multimedia

DEFINISI MULTIMEDIA


Kata lain Multimedia berasal dari media masa diawal 1990an. Kata ini digunakan untuk menyatukan teknologi digital dan manual dibidang Entertainmen, Publishing, Communication, Marketing, Advertising, dan Commerce. Multimedia ialah penyatuan dari dua kata yaitu, ”multi” & “media”. Multi yang artinya “banyak” sedangkan “media” itu sendiri atau kata jamaknya yang artinya “Medium”.

Medium ialah Entitas yang telah dilewati oleh sesuatu. Contohnya, Medium Artistik, berupa: (lukisan, sculputure) ialah kendaraan sebuah arti  untuk memberikan idenya. Contoh yang lain ialah “media masa” yaitu tempat untuk berbincang-bincang dan pengumuman.

Multimedia bisa disebut sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dala bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa Definisi menurut beberapa ahli:

Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)

Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)

Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi'

Multimedia itu sendiri di pakai dalam beberapa bidang, meliputi;

  • Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
  • Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.
  • Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Menurut uji coba Computer Technology Research (CTR):

  • Orang mampu mengingat sebesart 20% dari yang apa dilihatnya.
  • Orang mampu mengingat sebesar 30% dari yang apa didengarnya.
  • Orang mampu mengingat sebesar 50% dari apa yang didengar dan dilihatnya.
  • Orang mampu mengingat sebesar 70% dari apa yang didengar, dilihat, dan dilakukannya. (De Porter)

Kelebihan Multimedia itu sendiri, yaitu:

  • Mampu mengubah tempat kerja. Dengan keberadaan teleworking itu sendiri, seorang pekerja bisa melakukan pekerjaanya tidak harus pergi kekantor. Contoh aplikasi yang mendukung teleworking/telecommuting itu sendiri, yaitu : NETMEETING
  • Mengubah cara berbelanja. Dengan Homeshopping atau teleshopping bisa dapat dengan mudah menggunakan lewat Internet, lalu barang akan datang dengan sendirinya.
  • Mengubah cara berbisnisnya. Seperti product Nokia dengan membuat adanya bisnis melalui telephone seluler, sudah banyak perusahaan yang menggunakan system jual beli ini lewat online, Bank pun juga memakai cara online-banking.
  • Mengubah cara mendapat informasi. Semua orang saat ini sudah menggunakan internet & berbagai aplikasi untuk mencari berbagai informasi. Seperti contoh: Melihat dan membaca koran di online, detik.com, menggunakan aplikasi kesehatan, mencari pembelajaran gitar lewat aplikasi dan masih ada banyak lagi lainnya.
  • Mengubah cara belajar mengajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
  • Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio


Kategori didalam Multimedia


Multimedia itu sendiri dapat diartikan dalam dua kategori yaitu, Multimedia Content Production & Multimedia Communication dengan artian kata sbb:

1. Multimedia Content Production

Multimedia ialah pemakaian dan tahapan beberapa media, seperti: text, audio, graphics, gambar bergerak, film, and interaktiv, yang berbeda-bada dalam memberikan informasi / membuat produk Multimedia, seperti: Music, video, film, game, entertaiment, dan lain-lain. Bisa dengan pemakaian sejumlah teknologi berbeda yang memungkinkan kita dapat mengkaitkan media, seperti: text, audio, graphics, gambar bergerak, film, and interaktiv, dengan hal yang baru untuk mendapat tujuan komunikasi.
Dalam rincian ini media yang dipergunakan ialah :
  • Media Teks (tulisan)
  • Media Audio (suara)
  • Media Video (film)
  • Media Animasi (gambar bergerak)
  • Media Graphic / Image (foto)
  • Media Interactive
  • Media Speial Effect


2. Multimedia Communication

Multimedia ialah memakai media (masa), seperti tv, radio, alat cetak, dan Internet, untuk menghubungkan bahan-bahan Advertising, Publicity, Entertaiment, News, education, dan lain-lain.
Dalam kategori ini media yang digunakan, yaitu;
  • TV
  • Radio
  • Film
  • Cetak
  • Musik
  • Game
  • Entertaiment
  • Tutorial
  • ICT (Internet)

Semoga meteri artikel dari admin di atas bermanfaat bagi sobat semua,, dan dapat dibaca-baca maupun dipelajarinya terus menerus tanpa bosan ya sobat,, thank you,,!

(“Kesenangan dalam sebuah pekerjaan itu membuat kesempurnaan pada hasil yang dicapai sobat”)

Comments