Apa Yang Dimaksud Dengan Ekosistem

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara tamu dengan lingkungan. Ekosistem dapat dianggap sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara semua elemen lingkungan mempengaruhi satu sama lain.

Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju struktur biotik tertentu dan ada siklus bahan antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.

Dalam ekosistem, organisme berkembang dalam masyarakat bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem. Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga mempengaruhi lingkungan fisik untuk hidup. Pemahaman ini didasarkan pada Hipotesis Gaia, yaitu: "organisme, dalam mikroorganisme tertentu, bersama-sama dengan lingkungan fisik untuk menghasilkan sistem kontrol yang membuat negara di bumi cocok untuk kehidupan." Ini mengarah pada fakta bahwa kandungan kimia atmosfer dan bumi sangat terkendali dan sangat berbeda dari planet lain di tata surya.

Kehadiran, kelimpahan dan distribusi spesies dalam ekosistem ditentukan oleh ketersediaan sumber daya serta kondisi kimia dan fisik dari faktor-faktor yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies, ini disebut hukum toleransi. Misalnya: Panda memiliki toleransi yang luas terhadap suhu, namun memiliki toleransi yang sempit terhadap makanan, yaitu bambu. Dengan demikian, panda dapat hidup di ekosistem dengan kondisi apapun asalkan ada dalam ekosistem bambu sebagai sumber makanan. Berbeda dengan semua makhluk hidup lainnya, manusia dapat memperluas jangkauan toleransi karena kemampuannya untuk berpikir, mengembangkan teknologi dan memanipulasi alam.

Comments