Pengertian Jaringan Komputer Dan 4 Contohnya

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan dari jaringan komputer adalah sebagai berikut.
  • Berbagi sumber daya, misalnya, berbagi printer, chassis, memori dan hard disk.
  • Komunikasi, misalnya, e-mail, instant messaging dan chatting.
  • Akses terhadap informasi, misalnya, web browsing.


Memahami Jaringan Komputer dan Contoh

Pengertian Jaringan Komputer Dan 4 Contohnya


Dalam rangka mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan menawarkan layanan yang disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut sistem client-server dan digunakan di hampir semua aplikasi jaringan komputer.

sistem jaringan, informasi dan data yang disalurkan melalui kabel atau nirkabel, memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. Data dan informasi dibedakan karena data yang dikhususkan untuk sistem jaringan belum tentu informasi.

Setiap komputer, printer, atau periferal yang terhubung ke jaringan disebut node. Ketika di rumah Anda memiliki dua atau lebih komputer harus terhubung ke jaringan komputer sehingga penggunaan internet, printer dan lain-lain akan lebih efisien.
Dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer, banyak bentuk efisiensi dapat diperoleh dengan termasuk berikut. Baca juga: Sejarah Perkembangan Internet dari Awal hingga Saat

A. Berbagi hardware.

Seperti hard drive dari perangkat, printer, CD-ROM, dan bahkan mendorong modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu menghapus dan menginstal ulang. Perangkat ini dipasang di komputer atau terhubung ke komputer khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya. Dengan cara ini Anda dapat menghemat biaya.

B. Berbagi Program atau Data

Hal ini dimungkinkan untuk suatu program atau data yang tersimpan pada komputer untuk bertindak sebagai server (yang melayani komputer yang akan membutuhkan data atau program). Menempatkan data di server juga memiliki keuntungan, antara lain untuk menghindari duplikasi dan data inkonsistensi

C. Mendukung kecepatan komunikasi

Dengan dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Pengguna komputer dapat mengirim email dengan mudah dan bahkan bisa chatting langsung melalui tulisan (chatting) atau telekonferensi.

D. Memfasilitasi akses ke informasi

Jaringan komputer memudahkan akses informasi. Seseorang bisa pergi ke mana pun dan masih dapat mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya. Pertumbuhan Internet adalah salah satu implementasi terbesar dari jaringan di dunia, yang memungkinkan semua informasi yang tersedia di dunia dapat dengan mudah diperoleh.

Dalam membentuk sistem jaringan, komponen yang diperlukan. Komponen ini adalah node dan link.

A. Node
node adalah titik yang dapat menerima input data ke generasi jaringan atau output informasi atau kedua. Node dapat berupa printer atau perangkat cetak lainnya, PC atau komputer mikro untuk raksasa pusat unit, modem dan multiplexer. Baca juga: Ada beberapa jenis jaringan komputer

B. Link
Link adalah saluran transmisi atau garis atau siar untuk arus informasi atau data antara node. Link dapat kabel, sistem microwave, dan sistem laser atau sistem satelit. Jaringan setiap node terletak di lokasi terpencil satu sama lain dan menggunakan link berupa jarak saluran transmisi disebut Wide Area Network (WAN), sementara jaringan setiap node secara terpisah dalam lokal dan menggunakan link dalam bentuk Of transmisi kabel garis yang disebut LAN (Local area Network).

Comments